P5 BUKAN SEKEDAR GELAR KARYA !!! POTRET CERITA FESTIVAL KURIKULUM MERDEKA
Imam Dwi Ajitama Imam Dwi Ajitama
572 subscribers
399 views
51

 Published On May 16, 2024

Projek penguatan profil pelajar pancasila tidak selalu identik dengan panen karya atau gelar karya. Maraknya gelar karya tanpa proses yang menjadi esensi P5 membuat saya merasa tertantang untuk mencoba mendesain dan melaksanakan P5 sesuai prosedur. Memang tidak mudah, penuh perjuangan karena melalui berbagai proses belajar. Akan tetapi, tidak menjadi halangan untuk menumbuhkan karakter profil pelajar pancasila dalam diri anak didik saya. Inilah cerita saya.
Saya Imam Dwi Ajitama, guru kelas 4 SD Negeri Proyonanggan 05 pada tahun ajaran 2023/2024. Projek ini mengambil tema kewirausahaan dengan judul “Little Green Innovators, Produk Inovatif Ramah Lingkungan”. Peserta didik mengidentifikasi potensi ekonomi di tingkat lokal dan masalah yang ada dalam pengembangan potensi tersebut, serta kaitannya dengan aspek lingkungan, sosial dan kesejahteraan masyarakat. Melalui kegiatan ini, kreativitas dan budaya kewirausahaan akan ditumbuhkembangkan. Peserta didik juga membuka wawasan tentang peluang masa depan, peka akan kebutuhan masyarakat, menjadi problem solver yang terampil, serta siap untuk menjadi tenaga kerja profesional penuh integritas.
Projek tema “Kewirausahaan” yang berjudul “Little Green Innovators, Produk Inovatif Ramah Lingkungan” dengan dimensi profil pelajar pancasila berkebhinekaan global, bergotong-royong, dan mandiri, bertujuan agar peserta didik dapat memiliki kemampuan untuk: berkomunikasi antar budaya , mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif, komunikasi untuk mencapai tujuan bersama, saling-ketergantungan positif, penetapan tujuan belajar, prestasi, dan pengembangan diri serta rencana strategis untuk mencapainya, percaya diri, tangguh (resilient), dan adaptif.
Melalui projek ini, pelajar diharapkan telah mengembangkan secara spesifik tiga dimensi Profil Pelajar Pancasila, yaitu, berkebhinekaan global, bergotong-royong, dan mandiri beserta sub-elemen terkait didalam dimensi profil tersebut. Dimensi berkebhinekaan global dengan sub elemen berkomunikasi antar budaya diharapkan peserta didik dapat Mendeskripsikan penggunaan kata, tulisan dan bahasa tubuh yang memiliki makna yang berbeda di lingkungan. Sedangkan dalam subelemen Mempertimbangkan dan menumbuhkan berbagai perspektif, peserta didik diharapkan dapat mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan dapat mengenal sudut pandang orang lain. Mendengarkan dan memperkirakan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya pada situasi di ranah sekolah, keluarga, dan lingkungan sekitar.
Link Modul Ajar Tema Kewirausahaan : https://drive.google.com/file/d/1YVin...

‪@bbpmpjateng‬ ‪@kemdikbudRI27‬ ‪@DitjenPAUDDikdasmen‬ ‪@nurulpurniasari5758‬ ‪@heppyhermawati8977‬ ‪@rochamin1320‬
#merdekabelajar #festivalkurikulummerdeka2024

show more

Share/Embed