KUMPAY Waterpark, wisata air terbesar di Subang || Jawa Barat
710 subscribers
809 views

Published On Dec 16, 2022

Subang merupakan suatu daerah di provinsi Jawa Barat yang identik dengan nanas. Di tengah Kota Subang terdapat tugu nanas yang besar. Selain identik dengan nanas, Subang juga identik dengan tempat wisata yang beragam dan wajib untuk kalian kunjungi, salah satunya yaitu wisata air Kumpay Waterpark.
Kumpay Waterpark baru saja diresmikan pada tanggal 17 Desember 2019. Tempat wisata ini menjadi perhatian bagi warga Subang, khususnya warga Jalan Cagak. Walaupun wisata ini termasuk baru, namun sudah menyediakan beberapa wahana yang modern dan nyaman untuk digunakan. Kumpay Waterpark dijuluki sebagai wahana air terbesar di Subang, karena luasnya mencapai 4 hektar. Kumpay Waterpark terletak di Kabupaten Subang, tepatnya di Desa Kumpay, Jalancagak, Kabupaten Subang, Jawa Barat.

Kumpay Waterpark menjadi tempat wisata yang sangat rekomendasi untuk dikunjungi oleh keluarga besar, karena wisata air ini memiliki konsep keluarga yang ramah. Wisata air ini sangat rekomendasi untuk mengisi waktu liburan bersama keluarga maupun kerabat, karena wisata air ini terdapat pemandangan bukit yang terlihat dari Kumpay Waterpark. Wisata air ini bisa dikunjungi oleh orang dewasa maupun anak-anak.

Pada awal tahun, 1 Januari 2022 saya berkunjung ke Kumpay Waterpark Subang bersama keluarga saya. Rencana ini disusun sangat dadakan, karena sebelumnya tidak ada rencana liburan kemana-mana. Hari yang ditunggu-tunggu oleh kami yang tidak sabaran ingin liburan akhirnya telah tiba. Mengisi waktu sisa liburan dengan berenang di Kumpay Waterpark Subang. Memilih untuk berenang karena bagi anak-anak berenang lebih asik daripada berkunjung ke kebun binatang.

Pukul 09.00 WIB kami tiba di Kumpay Waterpark, dan kami sangat excited sekali, terutama anak-anak. Sebelum masuk, saya berlari-lari layaknya anak kecil yang kesenangan ingin berenang. Tidak lupa saya mengambil beberapa dokumentasi video dan foto untuk bahan konten TikTok.

Oiya, sekarang saya mau kasih tau ke kalian harga tiket masuk Kumpay Waterpark. Untuk harga tiket masuk per-orang dikenakan biaya sekitar Rp 40.000-Rp 50.000. Harga tersebut hanya patokan saja ya teman-teman, sewaktu-waktu harga tersebut bisa saja berubah.

Kemudian jam operasional Kumpay Waterpark dimulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 WIB. Ketika lagi hari libur sangat disarankan untuk datang lebih pagi, karena saat saya berkunjung ke sana di hari libur, mulai pukul 10.30 situasi Kumpay Waterpark sudah dipadati dengan pengunjung. Hal ini dapat membuat aktivitas renang menjadi kurang nyaman dan kurang puas, terlebih pada wahana lazy river.

Saat saya tiba pukul 09.00, situasi Kumpay Waterpark sudah ramai, namun belum dipadati oleh pengunjung. Kolamnya pun masih renggang dan kami masih leluasa untuk menikmati lazy river. Hari semakin siang, pengunjung yang berdatangan juga semakin banyak dan membuat Kumpay Waterpark menjadi padat. Kami pun kurang leluasa saat menikmati wahana lazy river, karena ban renang yang kami naiki ini secara terus-terusan menabrak ban renang orang lain. Terlebih di saat situasi pandemi seperti ini, kita harus lebih waspada terhadap kerumunan.

Wahana-wahana yang tersedia di Kumpay Waterpark ini cukup beragam dan memiliki beberapa kolam diantaranya lazy river, party zone, kolam salju, king kobra, dan lain sebagainya. Lazy river merupakan kolam arus yang mengelilingi kolam besar dan party zone. Panjang kolam lazy river mencapai 35 meter dan memiliki kedalaman kurang lebih 1 meter. Pada kolam lazy river kami dan pengunjung lainnya menikmatinya dengan menggunakan ban renang atau pelampung. Untuk biaya sewa ban renang dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 untuk ban double
Selain lazy river juga terdapat wahana party zone, yang di mana party zone merupakan kolam yang disediakan untuk anak-anak. Kolam party zone ini bersebelahan dengan kolam king kobra. Kolam king kobra merupakan kolam yang menjadi tempat berseluncurnya orang yang naik perosotan king kobra dan memiliki kedalaman mencapai 170 cm. Saat menaiki perosotan king kobra kita diwajibkan menggunakan ban renang.
Fasilitas yang disediakan oleh Kumpay Waterpark yaitu toilet dan kamar bilas yang bersih, nyaman serta kamar bilas yang cukup banyak, sehingga tidak khawatir untuk antri panjang saat ingin bilas. Selain itu juga terdapat mushola yang cukup luas dan lahan parkir yang sangat luas. Kumpay Waterpark juga menyediakan food court dan spot foto yang instagramable.