Published On Sep 23, 2024
“Implementasi Kurikulum Merdeka Melalui Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality Mata Pelajaran IPAS untuk Siswa SLBN 2 Mataram”
Skema : Pemberdayaan Berbasis Masyarakat
Ruang Lingkup: pemberdayaan Kemitraan Masyarakat
Ketua
Rifqi Hammad, M. Kom (NIDN: 0814099303) – Universitas Bumigora
Anggota:
1. Apriani,M.kom (NIDN: 0815048801)-Universitas Bumigora
2. Dr.Abdul Muhid, S.Pd,M.Pd (NIDN: 0831128303)-Universitas Bumigora
SLB Negeri 2 Mataram merupakan sekolah berkebutuhan khusus dengan jenjang SD, SMP, dan SMA. Permasalahan utama yang dihadapi oleh pihak sekolah adalah keterbatasan media pembelajaran yang memadai bagi siswa tunarungu, sehingga proses belajar menjadi monoton. Selain itu, metode pembelajaran aktif seperti diskusi dan eksperimen jarang dilakukan karena keterbatasan sumber daya. Di sisi lain, sekitar 65% orang tua kurang memberikan perhatian penuh pada anak-anak mereka, yang turut mempengaruhi motivasi belajar. Solusi yang diusulkan tim pengabdian (Rifqi Hammad, Apriani, Abdul Muhid) adalah pengembangan media pembelajaran berbasis augmented reality yang interaktif dan menarik, serta penyediaan latihan dan tugas untuk mendukung proses belajar. Selain itu, website sekolah juga belum optimal karena kurangnya konten dan tidak adanya pengelola khusus, yang seharusnya menjadi sarana informasi dan promosi sekolah. Sehingga tim pengabdian memberikan pelatihan berupa pengelolaan konten website pada sistem informasi sekolah.