Pemanfaatan Media Interaktif Elemen (Elektronik Media Nearpod) _@NS BPB DKI Jakarta
Trijoko Bagus Setyawan Trijoko Bagus Setyawan
647 subscribers
37 views
1

 Published On Nov 29, 2022

Satuan Pendidikan SDN Batu Ampar 06 Pagi
Topik Sekolah Dasar
Judul Praktik Baik Pemanfaatan ELEMEN (Elektronik Media Nearpod) di dalam Pembelajaran Matematika
Penulis Trijoko Bagus Setyawan, S.Pd
Tanggal 17 November 2022
Situasi:
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.

Dalam anaisis pembelajaran Matematika dikelas IV B, Pendidik melakukan Assesmen diagnostik untuk memperoleh data awal kemampuan peserta didik. Kemudian dari Asessment diagnostik tersebut diperoleh data rendahnya hasil belajar matematika peserta didik dengan rincian sulitnya peserta didik memahami materi Pecahan. Sehingga Perlu adanya inovasi dan pembaharuan dalam pembelajaran.

Tantangan :
Apa saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang terlibat?

Dalam kegiatan pembelajaran ini tantangan yang muncul adalah belum semuanya siswa faham akan komponen penggunaan chromebook ataupun Komputer. Sehingga tantangannya adalam memberikan tuntunan atau arahan personal dari setiap siswa dalam kegiatan pembelajaran di Laboratorium Komputer. Tantangan kedua adalah jaringan internet yang terkadang kurang stabil di lab. Komputer sehingga perlu adanya cadangan koneksi internet.

Pihak yang terlibat adalah seluruh siswa, Rekan sejawat atau Partnert Kepala sekolah dan TU serta pernjaga sekolah. Untuk membantu kelancaran proses pembelajaran. Dengan dukungan dari actor yang terlibat dalam kegiatan ini bisa menjadikan kita berhasil melaksanakan kegiatan pembelajaran dengan baik dan sukses.

Aksi :
Langkah-langkah apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut? Strategi apa yang digunakan? Bagaimana prosesnya? Siapa saja yang terlibat? Apa saja sumber daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini ?

Langkah yang saya lakukan untuk menghadapi tantangan yang ada adalah yang pertama memberikan arahan klasikal dengan cara menuntun peserta dengan tampilan slide di layar atau penggunaan infokus untuk langkah-langkah menghidupkan dan menayalakan computer serta chromebook dan cara penggunaan ELEMEN (Elektronik Media Nearpod).
Kedua adalah melakukan Pendekatan personal yang holistic kepada peserta didik yang belum menguasai penggunaan computer atau chromebook dan memberikan arahan satu-persatu, selain itu juga menghidupkan tutor sebaya kepada siswa yang sudah mahir untuk teman di sampingnya.
Ketiga menyediakan sumber internet/atau wifi cadangan ketika ada server terkendala atau server terganggu. Kemudian melakukan evaluasi atas kegiatan yang sudah di laksanakan.

Strategi yang digunakan adalah Pemaparan dengan infokus serta pendekatan personal kepada peserta didik secara individu maupun klasikal.

Kegiatan Proses berjalan lancar dan anak-anak sangat antusias sekali, happy bisa belajar di laboratorium serta lebih mudah belajar Pecahan dengan Media ELEMEN (Elemen Media Nearpod.
Materi yang perlu disiapkan adalah kegiatan ini kita susun dulu strateginya di Nearpod, kita pilih atau buat terlebih dahulu Video kemudian kita siapkan kuis, Phet simulation, Time to climb, Drawing, Matching Pairs dan yang lainya yang mensuport Media ELEMEN (Elektronik Media Nearpod)

Refleksi Hasil dan dampak
Bagaimana dampak dari aksi? Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya efektif atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan? Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut?

Alhamdulillah selama kegiatan Belajar dalam rentan waktu Belajar di Lab Komputer anak-anak sangat senang sekali apalagi seusia kelas 4 yang sangat tertarik sekali belajar di lab Komputer, Peserta didik lebih mudah dalam memahami materi Pecahan dan Hasil dari belajar sangat meningkat drastis dan kemampuan peserta didik meningkat dalam memahami materi.

Langkahnya adalah membuka materi di kelas kemudian memberikan motivasi kepada siswa dan mengajak siswa untuk ke lab. komputer, menjeleaskan tujuan dan arahan baik menggunakan paparan via infokus.

Hasilnya sangat efektif sekali, peserta didik mampu menguasai materi dan bisa meningkatkan pemahaman peserta didik akan pemahaman materi Matematika Pecahan.

Pembelajaran dari keseluruhan proses belajar ini adalah dengan inovasi dan pembaharuan model serta media pembelajaran yang interaktif terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan serta partisipasi, antusias peserta didik meningkat dan mempengaruhi nhasil belajar matematika yang semula rendah menjadi meningkat dan menjadikan tingkat keberhasilan 95 %.

show more

Share/Embed